Jakarta,
21 Desember 2016
– Setiap harinya, konsumen dari seluruh dunia menggunakan
berjuta-juta kartu kredit, debit, dan prabayar untuk melakukan
transaksi elektronik. Konsumen saat ini cenderung memilih melakukan
pembayaran dengan cara lain selain uang tunai, seiring dengan
peningkatan jumlah pengguna kartu nir kontak (contactless)
di Asia Pasifik sebesar 49%
dibandingkan dengan tahun sebelumnya
(year
on year).
Menggesek
(swipe),
menempelkan kartu (tap),
dan memindai (scan)
telah menjadi sebuah cara yang cepat dan efisien untuk bertransaksi.
Walaupun lebih cepat daripada kedipan mata, para pengguna sulit untuk
mengerti proses canggih di balik aktivitas tersebut guna memastikan
adanya transaksi yang mulus dan aman.
Dalam
kejadian yang sangat jarang terjadi, yaitu pada saat terjadi
kesalahan pada proses pembayaran, orang baru mulai memikirkan
bagaimana proses sebuah kartu bekerja pada proses pembayaran. Pada
kenyataannya, banyak hal dilakukan saat Anda menggesek kartu Anda,
dan teknologi backend
yang memungkinkannya untuk menjalankan berbagai aktivitas checks
dan balances
sangatlah menarik untuk diketahui.
Di
saat Anda memberikan kartu Anda untuk melakukan pembayaran di sebuah
toko/merchant,
otentikasi merupakan langkah pertama dari proses ini. Hal tersebut
meliputi verifikasi identitas pembayar, dan keaslian kartu
pembayaran. Setelah itu, transaksi tersebut dikirim untuk otorisasi
oleh bank yang mengeluarkan kartu pembayaran. Menariknya, langkah ini
terjadi hanya dalam waktu 130 milidetik!
Setelah
langkah pertama selesai, bagian utama kedua dari proses transaksi,
yakni kliring (clearing)
dan proses
penyelesaian akhir transaksi pembayaran (settlement),
akan dilakukan.
Sebuah langkah tambahan dari perlindungan pembayaran, fase ini dapat
memakan waktu hingga dua hari setelah pembelian dilakukan, untuk
memverifikasi entitas berbeda yang terlibat dalam proses pembayaran.
Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena Anda tidak perlu berada di
toko tersebut selama dua hari, karena seluruh proses ini dilakukan di
belakang layar (backend).
Pada
waktu kita menerima tagihan, informasi kartu pembayaran yang diterima
telah menjalani berbagai proses pemeriksaan (checks
dan balances)
untuk memastikan bahwa tagihan yang diterima adalah akurat.
Perlindungan
untuk Aktivitas Pembayaran Anda
Sebagian
besar dari kewajiban pembayaran berada di pundak para pemegang kartu.
Selain rangkaian proses multi-check
yang dilalui oleh daftar rincian pembayaran Anda untuk memastikan
keamanan transaksi, kita juga bisa melindungi diri kita sendiri
dengan cara-cara berikut:
-
Apabila kartu pembayaran Anda sempat jatuh ke tangan yang salah, sangatlah mudah untuk memblokir kartu Anda lewat telepon. Ini dapat mencegah Anda untuk dikenakan tagihan apabila Anda dapat membatalkan kartu sebelum fase settlement! Dan walaupun Anda tidak dapat menelpon pada waktunya (timeline), jangan resah. Anda selalu dapat mengajukan refund apabila ada pembiayaan yang tidak sah. Apabila bank Anda menawarkan layanan notifikasi transaksi melalui SMS, pastikan Anda mendaftarkan diri untuk hal tersebut.
-
Chip EMV, (chip metalik berbentuk persegi panjang yang ada di bagian depan kartu Anda) di mana hampir seluruh kartu telah dilengkapi dengan chip tersebut, memberikan lapisan keamanan tambahan di proses backend. Bagaimana bisa? Chip tersebut mengirimkan kode unik dan singkat kepada para pedagang (retailer). Hal Ini mencegah para hacker untuk mengakses kartu Anda, membawa keamanan transaksi Anda ke level yang lebih tinggi.
-
Ke depannya, selain dengan tanda tangan dan pin, metode otentikasi pembayaran biometrik yang hanya dimiliki oleh diri Anda sendiri akan menjadi semakin populer. Kata sandi (password) yang unik dan kompleks adalah hal yang paling kuat untuk mencegah dan melawan penipu yang berusaha menirunya.
Kini
untuk semakin menjaga keamanan transaksi pembayaran Anda, Anda harus
selalu memperhatikan segala perbedaan di riwayat transaksi Anda. Dan
ketika suatu saat Anda menggesek atau menempelkan kartu Anda, cobalah
visualisasikan lapisan otentikasi yang harus dilalui oleh detail
pembayaran Anda. Sebelum Anda mengetahuinya, ‘Persetujuan’ Anda
telah menunggu Anda di tempat pembayaran!
Posting Komentar